living in the now sebagai obat anti galau

Saat merasa galau, hal pertama yang perlu Anda lakukan Adalah mencari penyebab rasa itu muncul. Apakah galau ini muncul karena hal-hal tertentu yang sedang dipikirkan atau karena ada penyebab dari luar yang merisaukan?

Rasa galau masuk dalam kelompok perasaan yang menimbulkan sensasi tidak nyaman. Umumnya hal ini disebabkan adanya hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita atau kita merasa tidak ‘sreg’.

Antara pikiran dan perasaan sebenarnya ada relasi timbal balik. Pikiran positif akan menghasilkan perasaan antusias, gembira, penuh harap, dll. Sebaliknhya perasaan bahagia dan tenang akan dapat memunculkan ide-ide pikiran yang segar dan inspiratif.
Sementara pikiran negatif akan menghasilkan perasaan iri, dengki, kecewa, dll. dan sebaliknya perasaan resah, gelisah dapat memunculkan pikiran yang cenderung destruktif.

Nah, untuk mengobati rasa galau, kita perlu memposisikan pikiran dan perasaan kita secara keseluruhan ke titik nol nya yaitu dengan cara memasuki state ‘living in the now’ atau hidup pada saat sekarang.

Abaikan pikiran dan perasaan yang berhubungan dengan masa lalu atau pun masa depan, rasakan dan masuki keadaan ‘saat ini’. Bahwa saat ini dan di sini Anda ‘ada’. Anda akan merasakan sensasi kekosongan dan keberlimpahan sekaligus, dengan kata lain dualisme yang pada pikiran sadar (alpha state) amat dominan seakan menyatu dan tak ada sekat diantaranya. Terang dan gelap menjadi menyatu membentuk yin yang membawa pesan perlunya keseimbangan dalam kehidupan.
Pada kondisi ini, Anda menjadi paham bahwa segalau apapun, semuanya hanya bermain di area pikiran dan perasaan. Sedangkan ‘true self’ Anda tidak tergantung pikiran dan perasaan.

Semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s