Bersahabat dengan kehidupan

Anda tentu pernah mengalami naik turunnya gelombang kehidupan. Suatu saat kebahagiaan, kegembiraan, dan keberlimpahan menemani membawa kita pada puncak-puncak kesuksesan duniawi seperti harta berlimpah, jabatan tinggi, ketenaran, dan kebebasan finansial. Namun ada saat dimana kesedihan, kedukaan, dan keserbakurangan menghampiri dan menjadikan dunia ini seolah begitu sempit bagi kita, bagaikan lirik lagu “Aku merasa orang termiskin di dunia” yang pernah dipopulerkan oleh Hamdan ATT.

Lalu bagaimana sebaiknya kita bersikap terhadap pasang surutnya kehidupan?

Saat ini kita hidup dalam dunia dualisme, dimana segalanya diciptakan berpasang-pasangan. Dan perlu disadari bahwa kehidupan yang pada fase ini (alam dunia) merupakan ‘another gift’ atau rahmat dari Allah SWT selain kehidupan-kehidupan sebelumnya (alam arwah, alam rahim). Allah menyediakan panggung kehidupan untuk kita lalui mulai dari tangisan pertama saat kita lahir hingga tangisan orang-orang terdekat saat sang malaikat maut menjemput ruh kita.

Panggung kehidupan yang amat luas ini menyediakan keserbamungkinan yang tidak terbatas, apa pun bisa kita fikirkan dan lakukan di kehidupan dunia ini. Allah telah menciptakan dunia dan seisinya untuk dikelola oleh manusia.

Namun kita tidak bisa serta merta mewujudkan keinginan dan mengharapkan bahwa kehidupan di dunia ini akan ‘lurus-lurus’ saja. Oleh karena itu ketika gelombang kehidupan kita sedang di atas, sebaiknya kita bersikap tidak terlalu excited berlebihan. Begitu pula ketika gelombang kehidupan sedang di bawah, sangat diperlukan sikap legowo sehingga kita tidak galau berlebihan.

Walhasil, bersahabatlah dengan kehidupan. Apa pun yang kita terima dari kehidupan ini adalah karunia Allah yang mengandung beribu hikmah dan pelajaran. Dunia bagaikan kanvas yang menunggu dilukis dengan perkataan dan perbuatan terbaik kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s