Bagaimana menghilangkan bad mood

Bad Mood atau perasaan tidak enak bisa dialami siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Bad mood yang sudah terlanjur melingkupi perasaan bisa menjadikan hari kita menjadi hari yang membosankan atau malah bikin kesal dan akhirnya apa yang kita lakukan malah berdampak kurang baik buat diri sendiri atau pun orang lain. Untuk mengatasinya, cobalah hal-hal berikut ini:
1. Kenali kehadiran bad mood sedini mungkin sebelum kita terjebak didalamnya. Pertama, bad mood bisa datang dari dalam diri, berupa munculnya perasaan dan pikiran tertentu yang bikin kita ‘gak enak hati’. Kedua, bad mood bisa datang dari luar diri, seperti orang lain, lingkungan (macet, panas), dll.
2. Camkan dalam diri kita bahwa bad mood bukanlah our true identity, hanya seperti etalase yang menawarkan produk-produk perasaan atau pikiran. Seperti pada saat kita jalan-jalan di mal dan hanya ‘window shopping’, kita tidak perlu membeli barang-barang yang ditawarkan. Cukuplah dengan kesadaran yang kita miliki untuk mengidentifikasinya dan sebaiknya menahan diri untuk langsung menanggapi bad mood yang muncul. Karena bad mood belum tentu mewakili kondisi kenyataan yang sebenarnya.
3. Lakukan dialog internal dengan bad mood yang muncul. Carilah tempat yang bisa membuat kita rileks dan tenang mencermati lintasan bad mood yang muncul di hati dan kepala kita. Seperti sifat gelombang, bad mood itu sifatnya sementara (datang dan pergi). Cobalah berdialog dengan bad mood yang muncul. Hal ini dilakukan untuk memahami hal-hal lebih dalam yang sebenarnya diinginkan atau yang harus dihindari dari bad mood tersebut. Percaya dan yakinlah bahwa jiwa atau bathin kita cukup pintar melakukan hal ini dan sebenarnya dialog semacam ini terjadi setiap saat tanpa kita sadari.
4. Tibalah akal memilah-milah hasil dialog untuk kemudian menerjemahkannya ke dalam bentuk rencana aksi yang positif. Karena bisa jadi bad mood muncul untuk memperingatkan kita akan hal-hal yang mesti kita selesaikan.
5. Lakukanlah perbuatan yang telah diolah dan disarankan oleh akal, kalaupun tidak ada aksi, cukuplah kita menahan diri sampai gelombang tsunami bad mood itu mereda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s