Cara Mudah Mengenal Diri Sendiri

Di jaman globalisasi ini banyak orang kehilangan jati diri lantaran terombang ambing oleh sedemikian banyak tradisi dan tatanan sosial tanpa batas negara.
Nah, untuk mengenal diri sendiri tidak diperlukan biaya muahal dan tidak harus mencari-cari sampai ke gunung himalaya, cukup kiranya kita melakukan perjalanan ke dalam diri. Seiring dengan berjalannya waktu kita akan mulai mengenal pola-pola dasar dari diri kita.
Pada dasarnya diri kita terdiri atas tiga komponen:
1. Tubuh (Body)
2. Akal Pikiran (Mind)
3. Jiwa (Soul)

Tubuh (Body)
Tubuh kita dibentuk dari unsur-unsur alam yang ada di alam semesta, dengan kata lain manusia itu mikrokosmos dan alam semesta adalah makrokosmos. Untuk bisa mempertahankan eksistensinya, tubuh ini dilengkapi dengan hawa nafsu, di mana setiap keinginan dari tubuh terdeteksi datangnya dari hawa nafsu yang jumlah dan kepekatannya sangat beragam pada tiap-tiap manusia.

Akal Pikiran (Mind)
Akal bertugas mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, memilah-milah, mengkategorikan data dan informasi yang diterimanya baik dari dunia luar maupun dari dalam diri. Dengan logikanya, akal menerjemahkan informasi tersebut sesuai tingkat pemahamannya untuk kemudian memberikan pemecahan yang tepat bagi setiap persoalan yang dihadapi.

Jiwa (Soul)
Jiwa ini yang menerima ilham dua jalan, kejahatan dan ketaqwaan. Setiap saat kita menerima ilham. Jiwa ini berkembang sesuai dengan pemahaman dan aktualisasinya dalaam kehidupan. Disinilah ‘tempat’ kesadaran bercokol. Bisa diibaratkan jiwa ini seperti ruang kokpit dalam pesawat. Semua masukan dari dalam maupun luar dapat terdeteksi didalamnya. Jiwa tidak terbatas pada ukuran jasad fisik kita.

Dengan membaca artikel ini, saya yakin Anda telah memulai suatu proses pengenalan diri yang pada awalnya dipicu oleh sebab-sebab tertentu, namun dapat ditarik benang merah bahwa Anda telah menerima panggilan alam untuk memulai suatu perjalanan yang tiada akhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s