ayo hidup dengan penuh kesadaran

Menjalani hidup dengan penuh kesadaran bagi tiap-tiap orang adalah gampang-gampang susah. Apalagi jika orang belum memahami apa itu tujuan hidup dan kesadaran. Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, kenapa kita tiba-tiba seperti terlempar dan muncul (dilahirkan) di dunia ini ? Dijamin tidak ada yang pernah meminta untuk dilahirkan di tempat ini pada jam ini🙂
Artinya sejak awal kita ‘dikirim’ ke alam fana ini tentu dengan tujuan tertentu yang dinyatakan oleh si pengirim sekaligus pencipta kita, Allah SWT, yaitu hanya untuk mengabdi kepadaNya. Secara lisan, tujuan ini mudah diungkapkan, namun untuk menjalaninya dibutuhkan kesadaran.
Kesadaran ini bersifat built-in dalam jiwa dan berkembang sesuai dengan usia dan pengalaman. Kesadaran yang pokok adalah kesadaran Tauhid, bahwa alam fana ini adalah semu (maya) dan yang kekal dan nyata hanyalah Allah SWT. Jika kesadaran ini terus mengkristal dalam diri, maka sikap manusia akan seperti ungkapan “sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup, dan matiku hanya untuk Tuhan Semesta Alam”. Semua kejadian dan permasalahan kehidupan dianalisa dalam kacamata Tauhid.
Namun pendidikan kesadaran yang kita alami sejak kecil cenderung membawa kita menjadi manusia yang individualis. Mempertahankan hidup diterjemahkan sebagai usaha melanggengkan ego dan keinginan (hawa nafsu). Kesadaran yang bersifat universal terkerangkeng dalam egoisme sehingga kesenjangan terjadi dimana-mana. Kasih sayang, keadilan, kebersamaan, kerukunan, kesejahteraan hanya menjadi wacana karena yang kebanyakan terjadi adalah sebaliknya: kekacauan, kekerasan, kesewenang-wenangan. Wajah dunia terlihat begitu rusak sebagai akibatnya.
Jadi, penting bagi kita untuk mengawali hari-hari dengan kesadaran jiwa yang terilhami untuk selalu melakukan kebaikan bagi semua dan menjalankan misi sesuai amanah langit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s