Pengaruh Kegagalan terhadap Pikiran

Kita perlu bersikap hati-hati di saat kenyataan yang berakhir dengan kegagalan hadir menghantui diri kita. Jika diibaratkan, keberadaannya seperti kabut hitam di sekeliling kita yang menutupi pandangan. Jika dibiarkan, hal ini akan memporakporandakan stabilitas state of mind dan akan cenderung melahirkan emosi-emosi negatif. Emosi negatif ini bisa mengarah ke diri sendiri atau pun ke luar diri menjadi rasa amarah atau pun putus asa. Selagi kabut hitam ini mengelilingi, hembusan-hembusan perasaan dan pikiran negatif akan serta merta mengkompori dan kadangkala bisa memperparah keadaan dan semakin menjauhkan objektivitas permasalahan dan melemahkan persepsi untuk memandang kenyataan secara jernih. Seperti virus komputer, emosi dan pikiran negatif ini akan cepat menyebar dan menyerang kondisi psikis mau pun fisik, sehingga perlu dikarantina untuk kemudian di-clean.

Kalo kita amati cara kerja pikiran, pada satu saat, pikiran sadar kita terkondisi dalam satu state/keadaan, apakah positive state atau negative state. Kecenderungannya adalah ketika berada pada positive state, pikiran akan cenderung menghasilkan atau pun mengundang pikiran-pikiran positif lainnya, demikian pula sebaliknya. Mirip seperti fenomena bola salju yang menggelinding dari puncak bukit bersalju.

Meminjam istilah dalam LoA (Law of Attraction), dikatakan bahwa “like attracts like”. Jika kita awal hari dengan positif dan bahagia, maka kita cenderung menarik hal-hal positif ke pada diri kita. Jika kita awali hari dengan kesan negatif dan buruk, bukan tidak mungkin kita akan mengalami hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu seyogyanya kita tidak mudah terpengaruh dengan kondisi atau peristiwa di luar diri kita yang mengakibatkan kondisi pikiran terombang-ambing tak menentu. Dengan adanya kesadaran, maka kita bisa memilih dan membolehkan pikiran mana yang boleh hinggap dan bekerja untuk kita. Dengan kata lain, sebenarnya kita memiliki kemampuan inherent untuk mengendalikan pikiran. Hanya saja kemampuan ini perlu dilatih dan dibiasakan.

2 responses to “Pengaruh Kegagalan terhadap Pikiran

  1. pikiran itu terkadang sangat menjebak….!

  2. Yang terpenting Percaya Diri, tapi ga usah over, gitu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s