Kenaikan BBM

Kenaikan harga BBM 2008 yang diumumkan pemerintah pada tanggal 23 Mei 2008 langsung disambut “meriah”, ada beberapa kemeriahan yang bisa kita lihat:
1. Antrian panjang kendaraan bermotor di SPBU-SPBU
2. Antrian warga yang tergolong miskin di tempat-tempat pembagian BLT (Bantuan Langsung Tunai)
3. Demo penolakan kenaikan BBM di Ibukota dan beberapa daerah

Pasca kenaikan ini diikuti oleh naiknya tarif angkutan umum lengkap dengan demo para pekerja/sopir angkot. Dari pengamatan saya di lapangan (tiap hari PP naik kendaraan umum) kenaikannya berkisar 15-25%. seolah tak mau kalah, tarif jalan tol Jakarta-Cikampek juga akan dinaikan mulai Jumat tengah malam (30 Mei 2008) dengan kenaikan sekitar 12%. Dari pemberitaan, kabarnya harga-harga sembako juga mulai merangkak naik.

Bagi masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah, tentu kenaikan ini akan cukup membebani pengeluaran rutin, sementara penghasilan cenderung tetap. Bagi para pekerja, tentu akan sangat membantu jika penghasilan juga otomatis naik sepadan dengan kenaikan BBM dan barang/jasa yang mengikutinya. Tapi ini bukan hal mudah dan mungkin baru sebatas harapan, karena sangat tergantung dengan anggaran tahunan perusahaan masing-masing. Bagi para enterpreneur, tentu akan memutar otak agar roda keuntungan tetap stabil.

6 responses to “Kenaikan BBM

  1. Semoga badai ini cepat berlalu agar semua beban dapat terangkat dan kondisi ekonomi stabil kembali. Ikut prihatin untuk kondisi perekonomian Indonesia pasca kenaikkan harga BBM.

  2. masyarakat kecil: menerima sajalah…

  3. Yang kaya makin kaya
    yang miskin makin miskin, makin menjerit, makin tersiksa
    cuma bisa mengeluh…. kasihan……….

  4. Saya pikir, kita sudahi saja keluh kesah mengenai kenaikan BBM. Yang terpenting saat ini bagaimana kita berusaha dan bekerja semakin keras untuk menyikapi kenaikan BBM itu. Karena walau bagaimanapun kita tetap harus butuh makan. Mari tetap bekarya….

  5. sekarang harus selalu berusaha hemat dalam segala hal🙂

    makasih ya dah mampir di blogku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s